BADAMI - Forum Bandung Smart City

Share Info Public
Informasi Seputar Gadai Mulai Tujuan Hingga Persyaratan


user-img   Tri Hartanti

Tri Hartanti

Join: 12 Agustus 2021 19:35
Post: 838

  |   1055 0   |   07:21 14 Juni 2022

Pembiayaan yang diperoleh dari gadai bukanlah hal yang asing di masyarakat. Mudahnya pencairan dan banyaknya penawaran membuat masyarakat memiliki alternatif pembiayaan jika kesulitan mendapatkan dana dari lembagai keuangan yang lain baik itu Bank, BMT  hingga Koperasi.

Manfaat Gadai

Adanya gadai memberikan masyarakat jalan keluar demi mendapat pencairan dana yang cepat untuk segala keperluan tak terduga melalui alur kredit/pembiayaan berbasis gadai dan fidusia. Kemudian, gadai juga memberikan layanan jasa titipan atau yang populer dengan sebutan jastip, jasa taksiran, sertifikasi dan perdagangan logam mulia serta batu  permata yang sifat barang tersebut liquid tanpa penyusutan..

Selain itu, gadai juga melayani jasa transfer bagi And ayang cashless, hal-hal yang dilayani seputar transaksi pembayaran,  jasa administrasi pinjaman dan usaha lain yang  sesuai dengan aturan perundang-undangan dibawah hukum yang berlaku.

Barang yang Dapat Digadaikan dan Tidak Dapat Digadaikan

Perlu dicatat apabila tidak semua barang bisa digadaikan, barang yang dapat digadaikan meliputi semua barang yang bergerak seperti elektronik, gadai BPKB mobil, peralatan rumah tangga, perhiasan, mesin, dan lain-lain. Adapun  barang yang tidak bisa digadaikan seperti barang milik surat berharga, barang milik pemerintah, hewan, serta barang-barang lain yang harganya fluktuatif dan rawan mati sehingga beresiko bagi pemilik gadai.

Hak dan Kewajiban

Pemohon bisa menjual gadai dengan kuasa sendiri dan atau dengan perantara hakim, atas izin hakim tetap menguasai benda gadai, mendapat ganti rugi, retorsi, dan hak undang-undang untuk didahulukan. Jadi kedua belah pihak bisa terhindar dari wanprestasi agar jalan tempuh dilalui tidak berbelit-belit sehingga tujuan gadai itu sendiri bisa tercapai.

Disamping itu, pihak gadai bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan barang gadai karena kelalaiannya setelah memberitahukan kepada pemberi gadai apabila barang gadai itu dijual dan bertanggungjawab terhadap hasil penjualan barang gadai tersebut.

Demikian ulasan seputar gadai yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan yang berimbang dan realistis agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Anda dapat memanfaatkan saran informasi yang beredar di internet sebelum memutuskan gadai.



Belum terdapat komentar untuk thread ini.